Download Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013


Download Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 - Berikut kami share informasi terbaru tentang Download Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 yang bisa Bapak/Ibu pergunakan sebagai pelengkap instrumen administrasi mengajar di sekolah dan mudah-mudahan silabus ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru semua.

Silabus Tematik kelas SD/MI Kurikulum 2013 pembelajaran tematik ini sudah dilengkapi dengan Kompetensi inti (KI 1, KI 2, KI 3, KI 4), Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Uraian Kegiatan Pembelajaran, Alokasi Waktu, serta dilengkapi juga dengan Sumber Belajarnya.

Mekanisme Pengembangan Silabus
Silabus dikembangkan oleh:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silabus untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu silabus mata pelajaran untuk Kelompok A dan Kelompok B.
2. Dinas Pendidikan
a. Silabus yang dikembangkan pada tingkat daerah yaitu silabus sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah yang bersangkutan.
b. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah provinsi ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi.
c. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
3. Satuan Pendidikan
Silabus yang dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan yaitu silabus muatan lokal yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013

B. Langkah-langkah Pengembangan Silabus
1. Mengkaji Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
a. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
b. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
a. potensi peserta didik;
b. relevansi dengan karakteristik daerah,
c. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
d. kebermanfaatan bagi peserta didik;
e. struktur keilmuan;
f. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
g. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
h. alokasi waktu.
3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a. Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.

Bagi rekan-rekan Bapak/Guru yang membutuhkan Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 ini silahkan klik link Download Silabus Tematik Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 yang telah kami sediakan DISINI

Sekian informasi tentang Download Silabus Tematik untuk Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013, jangan lupa LIKE/SHARE informasi ini kepada rekan-rekan anda lainnya. Dan jangan lupa kunjungi terus LAMAN EDUKASI untuk informasi seputar pendidikan terbaru lainnya setiap saat.

0 comments:

Posting Komentar